meta charset='utf-8'/> Sholat Sunnah Dhuha | Catatan Sang Blogger Sholat Sunnah Dhuha

Berbagi Artikel dan Tips

Selasa, 27 September 2016

Sholat Sunnah Dhuha

Tidak ada komentar :
Sholat Sunnah Dhuha
Sholat sunnah dhuha adalah salah satu shoat sunnah yang sangat di anjurkan oleh rasulullah saw karena sholat sunnah dhuha   memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu dapat  ketenangan jiwa . Selain itu manfaat dari sholat dhuha yaitu membuka pintu rezeki karena inti sari dari doa shalat dhuha adalah memohon di mudahkannya trejeki . Nah, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai bagaimana sholat dhuha,.

Tata Cara Sholat Dhuha


Niat shalat dhuha

Ushallii sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.
Artinya: ” Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah.”

Tata cara sholat sunnah dhuha hampir sama dengan sholat sunah pada umumnya, berikut cara shalat duha yang benar .
1.    Setelah membaca niat sholat dhuha didalam hati kemudian membaca takbir,
2.    Setekah itu Membaca doa Iftitah
3.    Di lanjutkan dengan Membaca surat al Fatihah
4.    Membaca satu atau bebrapa  surat didalam Alquran. Atau beberapa ayat al quran
5.    Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali seperti yang biasa di baca dalam shalat sunnah
6.    I’tidal dan membaca bacaannya
7.    Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali
8.    Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaanya
9.    Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali
10.    Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali. Rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti contoh diatas.

Waktu Mengerjakan Sholat sunnah Dhuha


Waktu duha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu zuhur.

Akan tetapi ada pendapat lain juga yang menyebutkan waktu sholat duha yang baik adalah mulai pukul 09.00 - 11.00. Ini berdasarkan beberapa tanda masuknya waktu shalat Dhuha, sebagaimana dijelaskan oleh hadits-hadits di atas.

Pertama,
ketinggian matahari pagi di sebelah timur diperkirakan sama dengan ketinggian matahari sore di sebelah barat saat masuknya waktu Ashar.

Kedua,
matahari mulai berangsur panas. Jika permulaan waktu ashar dalam ukuran waktu modern berkisar di antara jam 15.00 sampai 15.30 WIB. sore hari, ketinggian matahari di sore hari pada jam-jam tersebut kira-kira sama dengan ketinggian matahari di pagi hari pada jam 9.00 WIB. Dengan demikian, kita dapat memperkirakan menurut ukuran waktu modern-waktu pelaksanaan shalat Dhuha Rasulullah Saw. sebagaimana yang diungkapkan dalam hadits-hadits di atas.

Jumlah Rakaat Shalat Dhuha

Jumlah minimal rakaat Sholat Dhuha adalah dua rakaat, sebagaimana hadits Abu Hurairah di depan. Bisa juga mengerjakan empat rakaat, enam rakaat, delapan rakaat, atau duabelas rakaat, atau tanpa batasan, karena semuanya memiliki pijakan dari sunnah Rasulullah . (Shalatul Mukmin: 1/449, Syarh Riyadhus Shalihin, Al-Utsaimin:

Dalil Sholat sunnah Dhuha empat rakaat hingga tanpa batasan  adalah hadits Aisyah s,


Dari Aisyah s beliau berkata, “Rasulullah n shoat Dhuha empat rakaat dan menambahnya sesuai dengan kehendak Allah.” (HR. Muslim)

Bacaan Doa sesudah Shalat Dhuha

Adapun bacaan setelah sholat dhuha sahabat muslim bisa baca di Doa setelah sholat dhuha di situ telah di tulis bacaan nya arab serta latin nya di sertai artinya
Demikian mengenai sholat dhuha sobat juga mengenai shalat sunnah yang lain nya selain sholat dhuha secara lengkap bisa baca Macam macam shalat sunnah untuk menambah pengetahuan kita mengenai ajaran islam serta menambah amal ibadah kita kepada Allah Swt demikian dan terima kasih
wassalam

 

 

 

 



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

SILAHKAN SOB KOMEN DISINI